Tentang Politeknik Balikpapan

Pembangunan di Indonesia sangat memerlukan Tenaga kerja Ahlimadya, atau yang secara umum disebut profesional. Sejalan dengan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Visi, Misi Pemerintah Kota Balikpapan dalam upaya membangun dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah, yang dibagi dalam empat strategi yaitu 20% High Science, 30% Midle Skill dan 20% Low Skill, maka didirikanlah POLITEKNIK BALIKPAPAN sesuai dengan SK DIKTI No. 168/D/0/2002 Tanggal 2 Agustus 2002 untuk pencapaian tujuan pada pemenuhan tenaga kerja di level High Skill.

Politeknik Balikpapan didirikan dan didukung dana operasional oleh pemerintah Kota Balikpapan melalui Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan pada tahun 2002 yang merupakan hasil kerja sama dengan beberapa instansi khususnya Politeknik Universitas Brawijaya Malang dan beberapa Industri yang ada di Kalimantan Timur Khususnya Balikpapan.Untuk mempercepat tercapainya kualitas lulusan berstandar Internasional, Politeknik Balikpapan mengadakan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan Central Queensland Institute of TAFE Australia (CQIT).Politeknik Balikpapan pada tahun pertama sampai dengan tahun kelima diselenggarakan dengan system multi kampus, yaitu menggunkan fasilitas yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 4. Secara bertahap mulai tahun 2004 telah berhasil memiliki lahan untuk sikal bakal kampus seluas 15 Ha yang selanjutnya pada tahun 2005 dan seterusnya dimulai pembangunan kampus dengan bantuan tenaga konsultan dari ITB. Diharapkan pada akhir tahun 2006 telah menempati kampus yang baru.

Lulusan Politeknik Balikpapan selain memperoleh ijazah Diploma Nasional juga akan Memperoleh Ijazah Australia (bagi yang memenuhi kualifikasi) sesuai dengan standar CQIT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *